BLK LEPAS PESERTA LATIHAN KERJA ANGKATAN KE-V DENGAN BUKA PUASA

0
190
buka-bersama-angkatan-V-BLK
buka-bersama-angkatan-V-BLK

Kabarpati.com, 26 Mei 2018

Angkatan ke-5 peserta didik Balai Latihan Kerja dilepas oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati, Tri Hariyama, SH. MM di UPTD BLK. Jum’at(25/05/18) di ruang aula Balai Latihan Kerja dengan buka bersama.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tri Hariyama, SH. MM mengharapkan setelah mendapatkan pelatihan selama satu bulan dengan materi yang padat, para peserta pelatihan dapat menjadi tenaga kerja siap pakai atau pun dapat membuka lapangan kerja sendiri atau mandiri.

“Pada angkatan ke-5 ini saya berharap semoga dengan berbagai materi latihan yang telah diberikan oleh para mentor selama kurang lebih 30 hari atau 240 jam selama pelatihan ini dapat bermanfaat oleh semua peserta pelatihan kedepannya sebagai bekal dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja maupun untuk membuka lapangan kerja sendiri.” Harap Tri Hariyama.

Dalam kesempatan  yang sama Kepala dinas tenaga kerja Tri Hariyama, SH. MM melalui Kepala UPTD  BLK Jayus Setiyanto, S.Pd., M.M  mengatakan “Ini adalah pelepasan angkatan ke-5 yang sudah kita lepas.” “Ada Sembilan kejuruan, seperti mekanik junior sepeda motor, operator basic office, teknisi lemari pendingin, teknisi mebel,menjahit, juru las, pemrosesan hasil pertanian, membatik, hingga kecantikan kulit dan rambut.” Jelas Jayus.

Sedangkan untuk materi pelatihan sendiri kami bagi menjadi teori dan praktek, dimana persentase terdiri dari 20% teori dan 80% praktek.” Ungkap Jayus.

Lebih lanjut Jayus mengatakan bahwa tahun ini BLK Pati memiliki program sekitar 80 paket pelatihan yang telah disiapkan. Untuk setiap paketnya dapat diikuti 16-20 orang peserta pelatihan, dengan begitu untuk tahun ini  diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada  sekitar 1600 peserta.

Ditanya tentang syarat yang perlu disiapkan untuk menjadi peserta pelatihan, Jayus menjelaskan “Sangat mudah untuk menjadi peserta pelatihan, hanya cukup memiliki KTP warga Pati serta berusia produktif yaitu usia 17 sampai 60 tahun. Silahkan bagi warga masyarakat Kabupaten Pati yang ingin mendapatkan pelatihan dan ketrampilan kerja untuk datang ke BLK, kami siap melayani.” Kata Jayus.

Ditanya tentang harapan ke depan BLK, Jayus menjelaskan bahwa saat ini BLK Pati masih dalam  tahap pengembangan, mulai dari infrastruktur, tenaga ahli pendidik, peralatan dan lain lain.  saat ini baru sekitar 65 persen pengembangan yang berjalan.

“Saat ini kami masih dalam tahap pengembangan, mulai dari infrastruktur, tenaga pelatih, peralatan pelatihan dan lain-lain yang saat ini baru mencapai sekitar 65%.”  “Untuk harapan ke depan tentunya saya berharap kepada semua pihak untuk dapat membantu sehingga proses pengembangan ini dapat segera terealisasi, sehingga BLK ini dapat berjalan dengan optimal guna menghadapi persaingan global serta untuk mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, khususnya di wilayah Kabupaten Pati.” Harap Jayus Setiyanto, S.Pd.,M.M.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini