Blokir Dibuka, Tik Tok Kembali Online

0
46
Tik Tok
logo aplikasi Tik Tok

Kabarpati.com, Kamis, 12 Juli 2018

Setelah sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada pekan lalu karena dinilai banyak mengandung konten negatif dan sempat menjadi pembahasan hangat publik tanah air, kini aplikasi berbagi video Tik-Tok akhirnya dapat kembali di akses oleh penggemarnya.

Hal tersebut diakui oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. “Ya mulai tanggal 10 Juni kemarin blokir terhadap aplikasi Tik Tok sudah kami buka kembali, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak Tik Tok diantaranya adalah Tik Tok harus membuka kantor cabang resmi di Indonesia. Pihak Tik Tok juga menargetkan akan merekrut sekitar 200 orang dalam dua tahun, termasuk memiliki content manager khusus Indonesia.”

“Selain itu, Tik Tok juga akan menyediakan jalur komunikasi khusus untuk pemerintah, sama seperti penyedia layanan lainnya. Kehadiran kanal khusus untuk memungkinkan pemerintah menyampaikan keluhan atau laporan langsung seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Twiteer.” Ungkap Samuel.

Semuel juga mengungkap kalau nantinya Tik Tok bakal menghadirkan guideline khusus komunitas dalam bahasa Indonesia serta tim khusus yang akan bertugas memonitori konten-konten yang beredar.

Menurut Sammy panggilan akrab Samuel, dibukanya kembali akses Tik Tok ini tak lepas dari respon cepat yang dilakukan pihak Tik Tok terhadap laporan pemerintah dengan segera membersihkan konten-konten negatif. Serta akan menerapkan sistem keamanan dan kecerdasan buatan untuk membantu menyaring konten-konten negatif.

Sedangkan untuk batas usia minimalnya pengguna Tik Tok yang rencananya minimal 16 tahun kini tetap 13 tahun, batas usia itu dipilih menyesuaikan dengan aplikasi lain, seperti Facebook, yang menerapkan batasan umur.” Jelas Sammy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini