Dedengkot Pramuka Bambang Pramono Beri Pembekalan Kepada Sako Pramuka FWP Tentang Kemandirian

0
28
Kak Bambang Pramono bersama Sako Forum Wartawan Pati
Kak Bambang Pramono bersama Sako Forum Wartawan Pati

Kabarpati.com, Minggu, 02 September 2018

Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Forum Wartawan Pati mendapat kunjungan dari dedengkot Pramuka era 70-an, Bambang Pramono. Bersama dengan istri tercinta, Bambang Pramono mengunjungi pangkalan Sako Pramuka Forum Wartawan Pati (FWP) di Komplek lingkungan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah, Sukoharjo, Kecamatan Margorejo.

Kedatangan Bambang Pramono atau yang biasa disapa Kak Bambang ke markas Sako Pramuka Penegak Forum Wartawan Pati, selain memberikan sedikit pembekalan tentang kepermukaan kepada anggota Sako Pramuka Wartawan Pati juga melihat secara langsung lingkungan markas Sako Pramuka FWP di komplek TPA Margorejo.

Dalam pembekalannya, Kak Bambang menyampaikan bahwa seorang Pramuka Penegak seharusnya mampu mengurus kebutuhan sendiri. Sehingga saat hendak merencanakan kegiatan, tidak kebingungan bagaimana menyediakan bekal dan sumber pembiayaannya.

“Seorang Pramuka harus bisa mandiri dan mampu mengurus kebutuhan sendiri, sehingga tidak bingung bagaimana menyediakan bekal dan sumber pembiayaan.” Paparnya.

Lebih lanjut Kak Bambang mengungkapkan bahwa pada waktu itu Pramuka Penegak dipercaya oleh pemerintah sebagai Tim Taskforce penyaluran beras musim paceklik dalam bentuk operasi pasar. Dari hasil itulah, bisa dihimpun iuran untuk membiayai kegiatan di bawah koordinator Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Pati, karena saat itu memang dia yang dipercaya untuk memimpin DKC, sehingga otomatis dia pun menjadi bagian dari Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwarda Jawa Tengah. Dengan demikian, kepercayaan itulah yang nilainya amat mahal tapi Pramuka Penegak bisa mengemban kepercayaan yang telah diberikan itu. Untuk memupuk semangat dan membangun kepercayaan serta kemandiriannya hal utama yang harus dilakukan adalah dengan konsekuen dan konsisten memegang teguh Dasa Darma.” Papar Kak Bambang.

Selain memberikan pembekalan kepada Sako Pramuka Penegak FWP, Kak Bambang juga menyempatkan diri untuk melihat berbagai tanaman yang berhasil ditanam oleh para anggota Sako Pramuka FWP, diantaranya adalah berbagai tanaman sayuran seperti pare belut, gambas, kangkung dan sawi yang tumbuh subur di lingkungan TPA Pati.

“Ternyata lokasi ini sangat menunjang sebagai pangkalan Pramuka Penegak yang tengah membentuk karakter sebagai generasi muda mandiri. Bekas lokasi penimbunan sampah ternyata bisa disulap menjadi pusat kegiatan bercocok tanam sayuran yang hasilnya cukup.bagus.” “Dari menanam sayuran ini hasilnya bisa untuk dijual ke pasar dan hasil penjualannya bisa masuk kas Sako Pramuka FWP. Ungkap Kak Bambang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini