DISDIKBUD UPAYA LESTARIKAN KETOPRAK

0
69
Ketoprak anak, Bupati Pati Haryanto, Parjanto Kabid DISDIKBUD ( Dok. Wartaphoto/ arton )

 

ketoprak anak- anak, Haryanto Bupati Pati, Parjanto Kabid DISDIKBUD ( Dok. Wartaphoto/ arton )
ketoprak anak- anak, Haryanto Bupati Pati, Parjanto Kabid DISDIKBUD ( Dok. Wartaphoto/ arton )

Kabarpati.com Selasa, 10 April 2018

Ketoprak sebagai salah satu seni panggung saat ini jarang dilirik oleh generasi muda, hal tersebut dapat dilihat dari minimnya generasi muda yang tertarik untuk menjadi seniman ketoprak.

Kabid kebudayaan DInas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, Parjanto mengungkapkan kalau saat ini para pemain ketoprak di Kabupaten Pati kurang dari 60%, padahal jumlah paguyuban ketoprak di Kabupaten Pati mencapai sekitar 40 paguyuban.

Minimnya generasi penerus yang terjun dalam kesenian ketoprak, Parjanto berinisiatif untuk memberikan pengenalan dan menumbuhkan rasa cinta kepada generasi penerus dengan membuat ajang lomba ketoprak anak-anak lewat acara Toursim Expo Pati (PTE) yang baru saja dibuka Bupati pada sabtu 07 april kemarin yang bertempat di pasar Pragola Margorejo.

Dalam lomba pentas ketoprak tersebut salah satu peserta lomba dari SD Sarirejo 3 tampil dengan semangat, lucu serta menghibur namun juga terselip pesan moral yang baik didalamnya. Tak hanya sebagai pemain, para pelajar tersebut juga berperan sebagai pengiring pertunjukan ketoprak yang biasa disebut dengan pengkrawit.

“Dengan adanya penampilan seni ketoprak ini diharapkan pelestarian ketoprak ini berjalan serta mampu membentuk karakter, terkhusus pelajar.” harap Parjanto,

Kabid Kebudayaan Disdikbud Pati tersebut juga mengharapkan dengan acara ini maka akan tumbuh rasa suka terhadap pertunjukan ketoprak sehingga ke depan generasi muda tertarik untuk menjadi seniman ketoprak dan kesenian ketoprak dapat berkembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini