Ki Anom Suroto : “Kembang Dewo Retno”

0
101

Kabarpati.com, Minggu, 19 Agustus 2018

Dalam Rangka memperingati HUT RI Ke – 73 dan HUT Kabupaten Pati ke-695, Pemkab Pati gelar acara nonton wayang kulit dengan lakon Kembang Dewo Retno oleh Dalang Ki Anom Suroto di Alun-Alun Pati.

Bupati Pati, Haryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara wayang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dan HUT Kabupaten Pati ke-695.

“Acara Wayang pada malam ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-73 dan HUT Kabupaten Pati ke-695. Sebelumnya kita telah melakukan berbagai kegiatan seperti selamatan di Pendopo Kemiri, lomba gerak jalan, karnaval pawai Pembangunan dan malam ini ada Wayang dengan Dalang Anom Suroto adalah dalam rangka memperingati 2 hari jadi yaitu HUT RI ke-73 dan HUT Kabupaten Pati ke – 695.” Ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa dipilihnya Wayang sebagai pagelaran dalam peringatan HUT RI dan Kabupaten Pati karena wayang tidak hanya sebagai tontonan namun banyak sekali tuntutan yang bisa diambil di dalamnya sekaligus sebagai budaya yang harus dilestarikan.

“Wayang merupakan salah satu bentuk tontonan dimana dalam setiap lakon yang dibawakannya sarat dengan tuntutan. Selain itu wayang adalah salah satu wujud dari seni dan budaya bangsa Indonesia khususnya Jawa yang harus kita jaga dan lestarikan. Jangan sampai budaya yang sarat dengan makna kehidupan ini nantinya justru malah di klaim oleh bangsa lain. “Ungkap Bupati Haryanto.”

Dalam pagelaran wayang kulit ini Bupati Pati juga menyerahkan hadiah serangkaian acara yang kemarin di langsungkan di kabupaten pati.

Dalam acara tersebut dihadiri Forkopimda, pejabat SKPD Kab Pati serta masyarakat umum yang antusis menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon “kembang Dewo Retno”

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini