LATIH KEMANDIRIAN, SAKO PRAMUKA FWP PRODUKSI dan JUAL MADU ANEKA RASA

0
41

Kabarpati.com, Senin 27 Agustus 2018

Pramuka Penegak Sako Pramuka forum wartawan Pati (SFWP) diberikan pelatihan kewirausahaan untuk mengelola usaha penjualan produksi madu dalam kemasan seperempat (250 ml). Jenis aneka madu rasa yang membuat daya tarik dan menjadi unggulan produk kegiatan usaha, menjadi bagian dari upaya pembentukan karakter jiwa Pramuka yang mandiri.

Pembina Sako Pramuka Penegak FWP, Andik Aristiawan kepada wartawan mengaku, konsep dalam membina pramuka dewasa, harus lepas dari ketergantungan dalam bentuk apa pun, sehingga dengan adanya kegiatan usaha yang sudah dilakukan dengan mengelola madu dan menjualnya, diharapkan bisa menopang untuk membiayai dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Ini langkah kita untuk bisa mandiri, sebab omset penjualan per botol Rp 40.000, setelah dipotong biaya pengadaan madu jenis bunga kopi dan kapuk randu, dan kemasannya, serta jasa yang mengedarkan ke konsumen paling tidak masih bisa menyisihkan pendapatan Rp 3.000 per botol, dari hasil itu, kita masih bisa menyisihkan kas,”ujarnya.

Menurutnya, jika bagian penjualan benar-benar produktif dan maksimal maka keuntungan yang didapat bisa untuk mencari sumber pendapatan dan membantu memenuhi kebutuhan sendiri, sehingga dari sako pramuka tidak sepenuhnya bergantung kepada orang untuk memenuhi kebutuhan tiap kali akan melakukan kegiatan.

“Intinya saat ini kita dari sako pramuka lebih fokus untuk mengisi khas, agar tiap ada kegiatan yang akan kita lakukan tidak membebani pihak lain,”Cetus Andik.

“Pusat penjualan berada di pangkalannya, Kampus Kehidupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.”Timpalnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini