PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE SMP KABUPATEN PATI MEMASUKI TAHAP AKHIR

0
392
kantor disdikbud pati
kantor disdikbud pati

kabarpati.com, Rabu, 4 juli 2018

Pendaftaran Mandiri Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pati dimulai Senin (2/7/2018). Pendaftaran online akan berlangsung selama tiga hari, yang akan ditutup  pada  Rabu (4/7/2018).

Total ada 49 Sekolah Menengah Pertama (SMP)  yang yang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online secara serempak di Kabupaten Pati. Untuk tahun ajaran 2018/2019 kali ini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berdasarkan Permendikbud No 14 tahun 2018 memprioritaskan zonasi atau jarak rumah dengan sekolah.

Regulasi tersebut dibagi menjadi tiga zonasi, zona I , dimana sekolah tersebut berada di satu wilayah/ desa/kelurahan, maka anak – anak di wilayah bersangkutan wajib diterima tanpa melihat jumlah nilai anak tersebut. Sedangkan zona II, wilayah desa calon peserta didik berdomisili yang masih dalam satu kecamatan, dimana sekolah berada. Ditambah dengan desa desa yang langsung berbatasan dengan kecamatan sekolah berada baik di dalam maupun di luar kabupaten pati. Kemudian zona III adalah zona yang diperuntukan kepada calon peserta didik yang berdomisili di luar zona I dan zona II dengan alasan khusus atau mendaftar melalui jalur prestasi baik akademik maupun non akademik.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan  Kabupaten Pati Ir. Pujo Winarno, MM melalui Kabid Pembinaan SMP Dinas P dan K Muhamad Na’im mengatakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk sekolah menengah pertama di kabupaten pati berjalan dengan lancar sampai hari ini (4/7/18), Total ada 49 sekolah yang menyelenggarakan PPDB online secara serempak. Hari ini merupakan  hari terakhir pengajuan pendaftaran mandiri dan verifikasi, tetapi untuk sekolah yang daya tampung belum terpenuhi besuk masih bisa melakukan pendaftaran sampai kuota terpenuhi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Pati  juga membuka posko pengaduan untuk penerimaan peserta didik (PPDB) online bilamana ada kejanggalan selama proses berlangsung.’’ujar beliau

Proses analisis atau pemeringkatan akan dimulai 5-6 juli kemudian dilanjutkan pengumuman pada 7 juli sedangkan Proses daftar ulang dimulai pada 9-11 juli 2018 di masing masing sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini