Ratusan Ribu Peserta Ikuti SBMPTN

0
27

Kabarpati.com, Rabu 08 Mei 2018

Para peserta calon mahasiswa hari ini mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018. Untuk memastikan ujian dilakukan dengan tepat, para peserta harus mengerti mengenai sistem penilaian yang digunakan dalam SBMPTN tahun ini. Dikutip dari sbmptn.ac.id, Selasa 8 Mei 2018 berikut ini penjelasannya.

Metode penilaian ujian tertulis pada SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal khususnya tingkat kesulitan relatif dan sensitivitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.

Dengan metode penilaian baru ini, maka setiap peserta yang dapat menjawab jumlah soal yang sama dengan benar, akan dapat memperoleh nilai yang sama atau berbeda tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar.

Panitia SBMPTN 2018 juga menegaskan, metode penilaian yang diberikan oleh pihak-pihak lain yang beredar tidak akurat dan cenderung menyesatkan. Hal ini dikarena metode penilaian pada SBMPTN 2018 membutuhkan persyaratan tertentu yang sulit dipenuhi.
Antara lain, jumlah peserta tes sekitar 800 ribu orang, jumlah dan kualitas soal akan direspon secara berbeda dari 800 ribu peserta tes dan juga software model matematik yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini