Sedekah Bumi Langse, Satukan Air Sendang dan PDAM

0
36

Kabarpati.com, Sabtu, 25 Agustus 2018

Dalam rangka bersih desa atau yang biasa disebut dengan sedekah bumi, warga desa Langse Kecamatan Margorejo gelar kirab dimulai dari Sendang Desa sampai dengan Balai Desa Langse.

Kirab Budaya yang dimulai dari Sendang Desa tersebut diawali dengan mengambil air dari sendang yang kemudian air diarak dengan dikawal oleh pasukan, kendaraan jeep, marching band dari berbagai sekolah di Kabupaten Pati. Tak ketinggalan Kepala Desa beserta para staf dan perangkat desa pun mengenakan pakaian adat Pati menuju Balai Desa Langse yang berjarak kurang lebih 2 km dari Sendang.

Kepala Desa Langse, Amrudin mengungkapkan bahwa sedekah bumi dan kirab budaya dengan mengambil air dari Sendang merupakan bentuk penghormatan kepada sesepuh atau Danyang, sebagai cikal bakal desa Langse.

“Sedekah bumi ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai bentuk penghormatan kami kepada para sesepuh cikal bakal desa Langse atau istilahnya Danyang. Sendang yang ada di desa Langse sendiri dipercaya sebagai sumber air penghidupan yang dibuat oleh sesepuh desa jaman dahulu yang digunakan oleh masyarakat desa ini untuk berbagi keperluan.” Ungkap Amrudin.

“Tak hanya kirab budaya, Sedekah Bumi ini juga akan kita meriahkan dengan hiburan wayang semalam suntuk.” Ungkap Kepala Desa Langse.

Ditanya tentang anggaran sedekah bumi Langse, Kepala desa menjelaskan bahwa acara sedekah bumi menggunakan dana PADes dan iuran masyarakat serta pemilik usaha yang ada di desa Langse.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto tersebut berlangsung sangat meriah, dan masyarakat tampak antusias dengan terlibat langsung dalam arak-arakan pawai maupun menyaksikan kirab disepanjang jalan desa yang dilalui rombongan pawai tersebut.

Kontributor : Aripin

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini