SMPN 1 TRANGKIL ANGKAT BENTOR SEBAGAI TEMA LUKISAN DALAM LOMBA MURAL

0
143

 

Mural, SMP N 1 Trangkil, Muhammad Toha, Satlantas
Mural, SMP N 1 Trangkil, Muhammad Toha, Satlantas

Kabarpati.com, Sabtu 21 April 2018

Bentor merupakan Perubahan becak kayuh ke becak mesin bermotor dengan mesin dibagian belakang, namun perubahan atau modifikasi ini justru menjadikan tingkat keamanan berkendara semakin rawan.

Seperti yang dituangkan dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, modifikasi ini justru menjadikan tidak layak jalan karena letak pengendara berada di belakang penumpang yang bisa menghalang pandangan si pengendara bentor tersebut. Dengannya pihak berwajib (DLLAJR) provinsi tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini.

Bentor juga bukan alat angkut yang memiliki standart keselamatan. Misalnya bila terjadi kecelakaan lalu lintas, baik penumpang maupun pengemudi bentor tidak bisa diajukan asuransi atau klaim jasa raharja karena merupakan kendaraan modifikasi.

Hal inilah yang mendasari siswa SMPN 1 Trangkil mengambil bentor sebagai judul lukisan dalam lomba Mural yang diadakan oleh Satlantas Polres Pati bersama dengan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) dengan tema ‘tertib berlalulintas’ di Stadion Joyokusumo pada 20 April kemarin.

Moh.Toha, guru seni rupa SMPN 1 Trangkil menuturkan bahwa bentor merupakan kendaraan yang saat ini masih terlihat banyak digunakan oleh masyarakat sebagai sarana tranportasi padahal bentor dinyatakan tidak layak sebagai alat transportasi untuk itu melalui lomba ini kami memilih bentor sebagai judul lukisan.

“Semoga dengan lukisan mural yang kita buat dalam lomba ini dapat mengedukasi dan menyadarkan masyarakat untuk dapat memilih kendaraan yang lebih aman.” Harap Toha.

Ditanya tentang harapan lomba Mural bagi peserta, Toha mengungkapkan
Bahwa melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak di bidang seni sekaligus juga penyadaran peserta didik untuk lebih tertib dalam berlalulintas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini