TIGA DESA BERADU MENJADI JAWARA PADA LOMBA DESA

0
286
pelaksanaan-penilaian-lomba-desa
pelaksanaan-penilaian-lomba-desa

Kabarpati.com, Sabtu, 21 April 2018

Dalam rangka meningkatkan perkembangan desa, Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati  menyelenggarakan lomba desa tingkat Kabupaten 2018. Adapun tata cara lomba tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan.

Lomba tersebut berlangsung tiga hari yakni, dari hari Selasa (17/4) hingga Kamis (19/4).Lomba tersebut diikuti oleh tiga desa terpilih yakni Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Desa Kebonturi, Kecamatan Jaken, dan Desa Jetak, Kecamatan Pucakwangi. Ketiga desa tersebut terpilih setelah lolos seleksi administrasi dan pengisian kuesioner yang dibagikan panitia ke masing-masing desa.

team penilai lomba desa dari dispermades sedang melakukan penilaian
team penilai lomba desa dari dispermades sedang melakukan penilaian

Kepala Dispermades Dr. Muhtar, S.ip.,MM melalui Staff Bidang Pengembangan Desa Siti Mahmudah mengatakan lomba ini merupakan bentuk peningkatan kesejahteraan yang dilaksanakan melalui lomba. Sehingga, Pemerintah desa bisa berlomba- lomba membuat program yang bermanfaat bagi warganya.

Adapun penilaiannya meliputi beberapa bidang diantaranya, Kinerja Pemerintahan Desa, Desa Dan Kel Berbasis Teknologi (E-Gaverment), Pelestarian Adat Dan Budaya, Identitas Desa, Tanggap Siaga Bencana,Inovasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, Bidang Pemerintahan, Ekonomi, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kelembagaan Dan Akuntabilitas, Keamanan Dan Ketertiban Dan Yang Terakhir Bendahara.Juri yang menilaipun bukan sembrang juri melainkan orang orang terpilih dan kompeten dalam di bidangnya.

Nantinya pemenang lomba akan mendapat uang pembinaan, juara 1 akan mendapat uang pembinaan sebesar 25 juta, juara 2 mendapat uang pembinaan 20 juta dan juara 3 mendapat uang pembinaan 15 juta.

Pemenang dari lomba tersebut nantinya berhak mewakili Kabupaten Pati untuk lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Isikan komentar anda
Masukkan nama anda disini